Macam – macam Topologi Jaringan Komputer dan Pengertiannya

                Pengertian Jaringan Komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung. Baca : Pengertian Jaringan Komputer dan Manfaatnya. Klasifikasi jaringan komputer terbagi berdasarkan Geografisnya, topologi, fungsi, distribusinya, dan media transmisinya.
                Nah pada artikel ini kita akan memahami klasifikasi jaringan komputer berdasarkan topologinya. Sebelum masuk ke inti pembahasan alangkah lebih baik kalau kita mengetahui apa itu topologi ? Ya. Topologi adalah gambaran atau skema yang didesain untuk menata node – node dalam jaringan yang tersusun secara sistematis sebelum jaringan tersebut benar – benar diimplementasikan.
Macam – macam topologi jaringan komputer beragam, diantaranya :
  1. Topologi BUS
  2. Topologi Star (Bintang)
  3. Topologi Ring
  4. Topologi Mesh
  5. Topologi Tree
  6. Topologi Linier
Kita akan membahas macam – macam topologi diatas.

Topologi Bus

               Topologi BUS adalah sebuah topologi dimana setiap node – node di dalam jaringan terhubung sepanjang kabel yang kedua ujungnya terdapat terminator. Topologi BUS ini menggunakan kabel BNC. Topologi BUS sangat simple, namun memiliki kelemahan yaitu apabila terdapat node yang bermasalah maka node tersebut dan node lain yang berada di belakangnya tidak dapat terkoneksi dalam jaringan.

Topologi Star (Bintang)

             Topologi bintang adalah sebuah topologi dimana setiap node – nodenya terhubung pada pusat, misalnya hub/switch. Dalam penerapannya, topologi star ini menggunakan sebuah hub/switch untuk menghubungkan komputer – komputer. Setiap komputer hanya memerlukan 1 buah kabel yang dihubungkan langsung ke hub/switch. Topologi jenis ini bisa dibilang sama dengan peer to peer yang setiap komputernya dapat bertindak sebagai client atau server.

Topologi Ring

             Ring yang berarti cincin. Sesuai dengan namanya, topologi jenis ini berbentuk seperti cincin yang tidak memiliki ujung. Bisa kita gambarkan, setiap komputernya menggunakan 2 buah kabel untuk terhubung dengan 2 komputer lainnya. Jadi posisinya melingkar.

Topologi Mesh

             Pada Topologi Mesh semua komputer terhubung langsung satu sama lain. Jadi misalnya terdapat 5 buah komputer dan ingin dibuat jaringan dengan topologi mesh, maka setiap komputer membutuhkan 4 kabel yang di hubungkan langsung dengan 4 komputer lainnya. Topologi jenis ini termasuk boros kabel.

Topologi Tree

             Topologi Tree merupakan topologi campuran yang menggabungkan dua topologi atau lebih. Biasanya topologi ini digunakan jika ingin membuat 2 network atau lebih, jadi setiap networknya nanti dihubungkan dengan router.

Topologi Linear

            Topologi ini membentuk garis yang mana memiliki 2 ujungnya. Komputer dalam topologi ini membutukan 2 kabel atau lebih yang akan dihubungkan dengan 2 komputer lainnya. Namun untuk komputer yang berada di ujung topologi hanya membutuhkan satu saja.
Itulah beberapa topologi standar yang seringa diimplementasikan dalam jaringan komputer di kehidupan nyata.

sumber: http://www.tkj.co.id/macam-macam-topologi-jaringan-komputer-dan-pengertiannya/
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold silahkan gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic silahkan gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline silahkan gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought silahkan gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML silahkan gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silahkan parse dulu kodenya pada kotak parser di bawah ini.
Show Parser Box

Silahkan Komentar, Dengan Demikian Maka kami Dapat mengoreksi Diri..Thanks